Langsung ke konten utama

Lolos SNMPTN kok bisa ?


Lolos SNMPTN kok bisa ?


Hai kenalin, aku Aprilia Maorin alumni SMAN 1 Sungai Penuh, Provinsi Jambi. Dan Alhamdulillah kini tengah mengenyam bangku perkuliahan di salah satu PTN di Indonesia? Dimana itu ? Ah nanti ku beritahu, sekarang ayo simak tulisanku.

SNMPTN, apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata SNMPTN ? Jalur undangan ? Jalur istimewa masuk PTN tanpa tes ? atau ada lagi?. Dari sekian banyak penyebutan tentang jalur SNMPTN aku lebih suka menyebutnya jalur “gaib”, kenapa demikian ? Karena kita nggak tahu sistem penilaiannya seperti apa, kriteria kelulusan nya seperti apa, dan detail penilaiannya seperti apa. Yang tahu hanya Allah dan panitia. Iya memang begitu, ditahun angkatan ku dan tahun – tahun sebelumnya memang begitu. Kalau tahun 2019? Mungkin masih sama, namun entahlah. Sering – sering saja mencari info, karena info tidak datang tanpa kau cari. Kayak si doi yaaa. Eh ngga deng bercanda :v.  Jangan terlalu serius ayo nikmati tulisan ini.

Kali ini, aku hanya ingin sedikit berbagi pengalaman tentang SNMPTN, dimana Alhamdulillah aku bisa menjadi 1 diantara banyak  orang yang beruntung yang bisa lolos jalur SNMPTN. Bukan bermaksud pamer atau gimana, aku hanya ingin berbagi pengalaman, khususnya bagi kalian yang saat ini sedang dilema tentang SNMPTN. Penasaran ? Mari sini aku beritahu 

Pada sekitar akhir tahun 2017  kemarin, kami para kelas 12, yang sedang dihadapkan dengan berbagai macam ujian, tugas dan segala macamnya, mulai disodori berbagai macam pertanyaan tentang, “kamu mau lanjut kuliah kemana?”, “kamu mau ambil jurusan apa?”, “nanti kalau ngga lolos gimana?” blablablabla. Iya pertanyaan itu akan sering kamu dengar mulai sekarang hingga nanti tak tahu kapan. Salah satu hal yang membuat hati dag dig dug serrrr adalah perihal salah satu jalur gaib yang disediakan oleh pemerintah bagi para siswa yang ingin melanjutkan perkuliahan di PTN. Yaitu jalur SNMPTN.

Penghujung tahun 2017 dan sekitar awal tahun 2018, perihal SNMPTN 2018, semakin jelas terdengar. Info pun muai tersebar dan tanggal – tanggal pasti serangkaian ketentuan SNMPTN pun mulai dijelaskan. Guru BK dan guru yang menjadi panitia SNMPTN sekolah, mulai bergerak menyosialisasikan perihal SNMPTN dan memberikan wejangan – wejangan kepada kami yang masih dilanda kebingungan. Mereka menjabarkan syarat – syarat yang harus kami penuhi.

Aku ingin bercerita lagi, saat itu kami seluruh kelas 12 mulai bergerak mengumpulkan syarat demi syarat yang dibutuhkan, mulai dari fc rapor dari semester 1 hingga semester 5, yang kemudian akan diinput oleh guru BK . Dan satu hal yang harus kalian catat adalah, disiplin dalam pengumpulan, bantu mereka yang ingin membantu kalian, ayo saling bekerja sama. Kalo kalian memang butuh bantuan mereka ayo balas dengan bantu mereka, minimal dengan cara mengumpulkan apa yang mereka syaratkan kepada kalian. Jangan menunggu mereka mengonfirmasi kalian satu per satu karena pada nyatanya kalian lah yang membutuhkan mereka. J

Beberapa waktu kemudian, setelah penginputan nilai oleh pihak sekolah. Nanti dari panitia sekolah akan memberi informasi penting. Catat ya informasi penting yaitu berupa username dan password yang akan digunakan untuk login ke laman SNMPTN, eh jangan salah arti ya, bukan semua kalian yang dapat password yang lolos, karena pada tahap pertama semua kalian bakalan dapat informasi tersebut dari panitia sekolah. Nah kalau udah dapat terus mau ngapain lagi ? itu berarti kami udah lolos syarat SNMPTN yaa? Eits jangan salah, informasi tersebut kalian gunakan untuk mengecek nilai yang sudah diinputkan oleh panitia sekolah, dan kalian harus benar – benar teliti. Cek nilai tersebut berkali – kali dan harus sesuai dengan rapor kalian, cek dengan benar jangan sampai salah. Jika ada kesalahan dalam penginputan nilai langsung laporkan ke panitia sekolah ya, biar bisa segera diubah. Dan jangan lupa password harus diganti dan usahakan yang mudah diingat ya. Kalau perlu ditulis atau disimpan di hp. Jangan sampai hilang atau tiba – tiba lupa.

Setelah rangkaian penginputan nilai selesai, nah nanti bakalan ada timeline kapan kita udah bisa mulai ngisi formulir SNMPTN, dan yang bisa mengisi itu hanya yang lolos saja. Dan yang belum beruntung, laman pengisian formulir tidak akan terbuka. Hanya ada kata penolakan yang tertera. Percayalah ini penolakan pertama yang harus diterima calon mahasiswa untuk bisa menembus PTN. Nyesek itu pasti.

            Lagi, lagi dan lagi, Alhamdulillah Allah memberi kesempatan aku untuk menjadi salah satu dari ratusan orang yang berkesempatan mengikuti seleksi SNMPTN, dan jeng jeng jeng rasanya itu benar – benar greget teman. Walaupun baru bisa ngisi formulir tapi itu udah bersyukur sekali, setidaknya kita masih berpeluang untuk lolos di jalur SNMPTN. Betul tidak ?
Dan kalian penasaran dengan formulir nya seperti apa??
Mari aku perlihatkan sedikit saja agar nanti jika kalian berkesempatan mengisinya kalian sudah akrab dengannya, jadi tidak perlu canggung apalagi gugup untuk mengisinya. Tenang fokus dan teliti ya.

Nah jadi dibagian formulir nanti kalian harus mengisi berbagai informasi tentang diri kalian dan keluarga, yaa hampir sama seperti formulir pada umumnya, yang bedanya adalah di formulir ini kalian harus mengisi 2 kampus tujuan dan 3 program studi, dimana salah satu kampus tujuan adalah kampus yang berada di Provinsi asal. Dan kalian harus mengisi sesuai dengan yang diperintahkan, jika ada yang kurang jelas kalian bisa langsung bertanya kepada panitia sekolah terkait hal tersebut. Dan usahakan mengisi dengan teliti ya. Kalian bakalan dikasih jangka waktu kira –kira 2 minggu dan kalian harus benar – benar memanfaatkan waktu tersebut, karena kesempatan tidak datang 2 kali. Gunakan kesempatan kalian sebaik mungkin, karena tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan itu.

            Nah jika kalian sudah yakin dalam pengisian formulir, kalian bisa klik finalisasi pendaftaran. Dimana jika kalian sudah mengklik finalisasi pendaftaran, itu berarti data yang kalian inputkan sudah tidak bisa diubah lagi. Jadi periksa baik – baik sebelum finalisasi.
Dan jika kalian merasa semua sudah beres, silahkan klik. Dan saat nya kalian berserah diri kepada Allah tentang apa yang terjadi nanti.

              Iya intinya kita udah berusaha ya kan ? J. Dan waktu menunggu pun dimulai .
Kalian tahu apa yang aku lakukan saat waktu menunggu itu ?.
Iya hati dan jiwa ku merasa tidak tenang, merasa harapan ku ini akankah berujung kebahagiaan atau kekecewaan. Mencoba mencari ketenangan pun tak lama bertahan.

        Kalian tahu, aku ini bukan orang yang terlalu pintar, saat itu aku tahu jalur lain selain SNMPTN yaitu SBMPTN dan SM, aku digeluti rasa takut. Takut tidak bisa lolos ke PTN dan akhirnya berujung mengecewakan orang tua. Kalian tahu ? soal SBMPTN dan SM itu susah. Apalagi untuk diriku yang ahh sudahlah tak perlu diperjelas lagi. Intinya aku hanya menguasai beberapa materi SBMPTN dan itu hanya beberapa persen saja.

             Kalian tahu saat itu aku benar – benar berharap bisa lolos SNMPTN, meskipun semua orang berkata “kamu jangan terlalu berharap sama jalur SNMPTN, peluangnya sangat kecil”. Namun apa daya diriku yang terlalu keras kepala ini malah merasa aku bisa kok lulus SNMPTN meskipun cemoohan sayup – sayup terdengar “ah mana mungkin bisa lolos SNMPTN, kan nggak pernah ikut lomba kesana kesini, kan bukan juara umum, boro – boro juara umum, peringkat kelas aja nggak”. Aku pernah diremehkan, tapi apa? aku yakin Allah tahu yang terbaik untukku dan Dia pasti akan memberi yang terbaik untuk ku.

            Aku beruntung ditempatkan diantara orang – orang baik, yang selalu mengingatkan. Kalian tahu untuk menentukan urutan pilihan program studi pun, kami harus melaksanakan sholat istikharah, mungkin sebagian orang akan berkata lebay atau apalah. Namun kami percaya, libatkan Allah dalam setap urusan maka akan ada sebuah keajaiban yang akan didapatkan. Dan kalian tahu? Aku pernah membaca sebuah artikel tentang keutaman berdoa dan bersholawat, ternyata dengan berdoa dan bersholawat itu juga bisa mengabulkan harapan kita. Dimana di artikel tersebut, menceritakan tentang seorang perempuan yang ingin sekali keluar negeri, lalu ia mencetak gambar negara yang ingin dikunjunginya, dan ia selalu  berdoa dan membacakan sholawat setelah selesai sholat sambil menatap gambar tersebut berharap suatu hari nanti mimpinya untuk berkunjung kesana bisa terwujud, dan atas izin Allah akhirnya ia bisa mengunjungi negara tersebut. Menakjubkan bukan? Itulah kebesaran Allah. Dan aku mencoba menerapkan hal tersebut, mencetak kartu pendaftran SNMPTN dan aku selipkan diantara al-quran kecil yang ada dibawah bantal, yang setiap selesai sholat dan setiap malam sebelum tidur selalu rutin aku berdoa meminta kepada Allah dan membacakan sholawat. Karena aku percaya Allah itu akan mewujudkan mimpi para Hamba-Nya diwaktu yang tepat.

            Dan jeng jeng jeng, disaat waktu pengumuman tiba, tepat pukul jam 17.00 pada tanggal 17 April 2018, hasil SNMPTN sudah dapat diakses. Dan apa yang muncul.
“Selamat anda lolos…”  dan perasaanku campur aduk, aku berteriak kegirangan, oh entahlah seperti apa raut wajahku saat itu, aku lolos dipilihan pertama, yang sekarang sedang aku jalani prosesnya. Kalian tahu apa itu ?
Aku lolos di prodi Pendidikan Fisika UNS. Itu menjadi kado terindah untukku. Sebuah nikmat yang amat besar yang telah Allah berikan kepada ku. Doakan aku agar kuliah ku lancar dan bisa lulus tepat waktu. Dan semoga kalian pun para pejuang kampus selalu semangat memperjuangkan mimpi - mimpi kalian, dan yakin Allah akan menolongmu.
Intinya jangan lelah berusaha dan jangan sepelekan kekuatan doa. J



Semangat lah dan jangan lupa berdoa, ada mimpi yang harus diperjuangkan dengan usaha dan kekuatan doa 
                                                                                                                                Amoaa_




*diambil yang baiknya dibuang yang buruknya. Mohon maaf jika masih terdapat banyak kesalahan. Ini pengalaman aku pribadi ya. Semoga bisa diambil hikmahnya. Semangat. Terima kasih sudah membaca tulisan ini. Jika berkenan silahkan baca psotingan ku yang lain.


Jika ada yang mau bertanya – tanya seputar pengalamanku kalian bisa menghubungi lewat dm ig @apriliamaorin atau langsung ke email  apriliamaorin64@gmail.com 





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

contoh esai "Wisata Ku Pesona Alam Ku"

WISATA KU PESONA ALAM KU Kota Sungai Penuh dan Kabupaten Kerinci merupakan dua wilayah yang berada  di Pulau Sumatra, tepatnya di Provinsi Jambi. Sebagai wilayah atau daerah yang terkenal akan berbagai keunikannya, menjadikannya sebagai wilayah yang memiliki aset dan potensi yang dapat dikembangkan baik dalam sektor pariwisata, ekonomi, maupun budaya.Dibidang pariwisata salah satunya, Sungai Penuh, Kerinci merupakan daerah yang kaya akan objek wisata, bisa dikatakan beberapa objek wisata yang mungkin biasanya hanya bisa dinikmati dikota – kota besar,sekarang juga dapat ditemui di Sungai Penuh, Kerinci.Beberapa objek wisata yang terkenal diSungai Penuh, Kerinci antara lain, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Danau Kerinci, Danau Kaco, Gunung Kerinci, Gunung Tujuh, Bukit Khayangan, Taman Pinus, Air Terjun Telun Berasap, dan lain-lain [1] .Objek wisata yang sangat digandrungi oleh orang – orang pada saat ini salah satunya adalah Bukit Khayangan . Bukit Khayangan merupakan salah

Cerpen "Kala Itu"

Kala Itu Karya : Aprilia Maorin Gadis itu menatap halaman demi halaman benda yang menjadi saksi kisah hidupnya,   berisi tentang sebagian kenangan yang tersimpan apik dalam sebuah album yang telah usang. Dimulai dari gambar semasa ia masih dalam gendongan sang mama, yang penuh cinta mendekapnya membagikan kehangatan kepadanya. Berlanjut ke halaman- halaman berikutnya, selalu terpampang gambar sang bocah nakal dengan beragam tingkahnya, dari belajar berjalan, bermain, tersenyum hingga menangis pun tak lepas dari bidikan kamera sang papa, yang selalu mengabadikan setiap momen sang buah hati tercinta, yang kini menjadi saksi bisu kisah hidupnya. Bocah nakal itu bernama Azalea Anastasya, yang akrab dipanggil zea, yang kini telah tumbuh menjadi seorang gadis cantik yang selalu tersenyum ramah menyapa dunia. Perlahan tapi pasti gadis yang sedang menatap lekat- lekat sosoknya dimasa kecil   yang ada disetiap gambar yang terpampang itu, menarik sudut bibir dan membentuk lengkungan bu

Cerpen "Harapan Dibalik Kesuksesan"

Harapan Di Balik Kesuksesan Matahari pulang keperaduannya, siang pun kini berganti petang, birunya langit berganti dengan jingganya senja. Sseorang gadis masih dalam posisi yang sama , duduk manis di balkon rumahnya menikmati indah nya senja. Dia bernama Irenia Oryza Sativa,seorang remaja yang kerap disapa iren, seorang  penikmat senja, penikmat  hujan, dia menyukai segalanya, kecuali satu hal yang tidak disukainya yaitu harapan.Harapan satu kata yang mungkin setiap orang pasti memiliki nya, tak terkecuali Iren dia juga pernah punya harapan, namun sekarang berbeda dia tidak suka harapan, karena yang dia tahu harapan hanya akan mengecewakan. Ujian demi ujian sudah terlewati, salah satunya ujian bagi pelajar yaitu ujian semester, dimana proses belajar selama 6  bulan diuji hanya dalam 1 minggu, bukan tergantung siapa yang pandai namun siapa yang pandai – pandai, ada 2 pilihan yaitu untung atau buntung, itu kembali ke diri kita sendiri ingin menjadi yang beruntung atau sebaliknya.I